PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS
SMP STRADA SANTA MARIA 2

 

Halo Sobat Mardoeta! Pada hari Senin, 20 September 2021 SMP Strada Santa Maria 2 telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Siswa-siswi SMP Strada Santa Maria 2 tampak sangat antusias datang ke sekolah dan mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) tersebut.

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dimulai pada pukul 07.30 WIB, namun siswa-siswi SMP Strada Santa Maria 2 telah datang sejak pukul 06.30 WIB. Siswa-siswi yang mengikuti PTMT merupakan siswa-siswi yang telah mendapat persetujuan dari orang tua untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Siswa-siswi yang mengikuti PTMT pada hari Senin, 20 September 2021 yaitu siswa-siswi kelas 9 ABCD nomor absen 1-17 dan siswa-siswi kelas 8A nomor absen 1-17 sedangkan siswa-siswi lainnya melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) ini dilaksanakan secara bergiliran setiap harinya.

Siswa diantar orang tua

Scan Barcode Screaning

Cuci tangan

Pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Strada Santa Maria 2 menerapkan metode Blended Learning sehingga siswa-siswi yang berada di rumah tetap mengikuti pembelajaran sama dengan yang ada di sekolah secara real time.

siswa diawasi dengan prokes ketat

siswa belajar disekolah dan ada yang dari rumah

memanfaatkan aplikasi zoom sebagai sarana belajar disekolah dan dari rumah

SMP Strada Santa Maria 2 telah menyiapkan sarana prasarana yang lengkap untuk mendukung Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) tersebut. Sarana-prasarana tersebut meliputi wastafel, hand sanitizer, masker cadangan  pada setiap ruangan, setiap kelas tersedia web camera untuk menunjang pembelajaran blended learning, dan setiap kelas sudah di desain agar siswa-siswi tetap menjaga jarak. Sekolah juga telah menyiapkan SOP yang harus diikuti oleh guru-karyawan, siswa, serta orang tua murid yang menyutujui diadakannya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

susasana belajar dikelas interaksi guru dan siswa sesuai prokes suasana belajar dikelas

Bapak-ibu guru dan karyawan juga memiliki tugas tambahan yaitu mengatur berjalannya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) tersebut. Dimulai dari mengecek suhu, mengarahkan siswa-siswi untuk skrinning, mengarahkan untuk mencuci tangan, dan mengarahkan siswa-siswi ke ruang kelas masing-masing. Siswa-siswi yang memiliki suhu 37,5°C dan memiliki hasil skor skrinning 5 dan di atas 5, maka siswa tersebut akan diisolasi sementara atau dipulangkan. Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dilaksanakan selama 3 jam yakni dimulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB. Selama berada di sekolah siswa-siswi dilarang untuk melepas masker kecuali untuk minum, dilarang bertukar buku dan alat tulis serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ketika pulang sekolah pun, siswa-siswi akan kembali diarahkan oleh bapak-ibu guru yang bertugas untuk ke luar dari kelas dan mengikuti jalur yang telah disediakakan. Siswa-siswi yang menggunakan transportasi umum akan dipersilakan untuk meninggalkan kelas terlebih dahulu, sedangkan siswa-siswi yang dijemput akan dipanggil secara bergiliran.

siswa menunggu dijemput

siswa pulang sekolah dipantau oleh guru

siswa pulang dijemput orang tua

Nah, seperti itulah Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) yang telah dilaksanakan di SMP Strada Santa Maria 2. Semoga PTMT ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Bagi Sobat Mardoeta baik yang masih mengikuti PJJ atau yang telah mengikuti PTMT, tetap semangat dan tetap jaga protokol kesehatan. MARDOETA JAYA!

SOP Pembelajaran Tatap Muka Terbatas SMP Strada St. Maria 2 Tangerang

 

Salam AMDG

 

Sebarkan artikel ini