STRADA PEDULI LINGKUNGAN (EARTH DAY, 22 APRIL 2024)

Oleh : Yora Ersan (8B)

Halo Sobat Mardoeta!

Pada hari senin tanggal 22 april 2024 SMP Strada Santa Maria 2 mengadakan acara yaitu memperingati Earth Day sedunia. Earth day adalah hari Dimana kita dingatkan lagi akan rasa kepedulian kita sebagai manusia terhadap alam dan lingkungan sekitar. Rasa kepedulian tersebut dapat kita wujud nyatakan dalam tindakan membersihkan lingkungan sekitar serta menaman dan memelihara tanaman dan hewan. Sebagai salah satu Lembaga Pendidikan yang menjadi garda terdepan dalam melestarikan dan memelihara bumi, SMP Strada Santa Maria 2 melakukan kegiatan membersihkan lingkungan seperti mengelap kaca, membersihkan toilet, got-got, plafon serta mengepel lantai. Selain membersihkan lingkungan sekolah, SMP Strada Santa Maria 2 juga melakukan giat menanam beberapa bibit pohon untuk menghijaukan lingkungan sekolah. Pohon juga bertujuan untuk tempat berteduh serta menyumbangkan oksigen yang dapat kita hirup setiap hari demi keberlangsungan hidup kita serta makhluk ciptaan Tuhan lainnya.

Kegiatan Earth Day ini dimulai dengan seluruh siswa SMP Strada Santa Maria 2 bersama para siswa-siswi dari TK dan SD Aloysius dikumpulkan di lapangan sekolah untuk diawali dengan doa Bersama yang dipimpin oleh guru Agama SMP (Ibu Reanita) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu dari perkumpulan Strada yaitu Mars Strada. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Kompleks Strada Pasar Baru (Ibu Maria Hartati) selaku kepala Sekolah SMP Strada Santa Maria 2 didampingi oleh Kepala SD (Ibu Erni) dan Kepala TK (Ibu Gita).

Setelah itu siswa/siswi baik Tingkat TK, SD dan SMP Strada Santa Maria 2 di perbolehkan untuk mulai membersihkan lingkungan unitnya masing-masing dan juga membersihkan kelas oleh sebagian siswa/i (No Absen 1 – 10) sebagian lagi membersihkan area parkiran sekolah (absen 11 ke atas) dan anak osis SMP Strada Santa Maria 2 ditugaskan secara khusus untuk membersihkan area depan sekolah mulai dari trotoar depan sekolah dan juga membersihkan sampah-sampah yang ada di selokan.

Setelah seluruh siswa/siswi selesai membersihkan lingkungan sekolah dan kelas siswa dan siswi SMP Strada Santa Maria 2 dikumpulkan kembali di lapangan untuk mengikuti proses penanaman beberapa bibit pohon yang diwakili oleh para Kepala Sekolah dan Wakil Kepala sekolah dari masing-masing unit, beberapa guru serta beberapa siswa/i yang dipilih untuk maju kedepan dan menanam bibit pohon tersebut. Setelah itu seluruh siswa dan siswi kembali masuk ke dalam kelas masinng-masing untuk istirahat dan melakukan pembelajaran seperti biasa sesuai dengan jadwal masing-masing kelas.

Pesan yang dapat diperoleh dari kegiatan Earth Day ini adalah bahwa bumi ibarat rahim seorang ibu yang menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk ciptaan yang hidup di atasnya. Maka tanggung jawab kita sebagai manusia adalah mengelolah, merawat dan melestarikan bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon secara tidak bertanggung-jawab serta melakukan reboisasi secara terus menerus demi kelesatrian bumi dan kesejahteraan makhluk ciptaan di bumi ini.

Sebarkan artikel ini